TEMPAT BERBAGI ILMU GRATIS

Rabu, 26 Maret 2014

Seacyberclass 

kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari Seamolec yaitu sosialisasi tentang seacyberclass. Seacyberclass merupakan integrasi antara IT dengan pelaksanaan latihan ujian bersama. sebuah ide untuk mengubah sistem ujian bersama yang menggunakan kertas untuk menampilkan soal ujian, dengan sistem ujian baru yang lebih efisien dan dinamis, tanpa mengubah inti dari ujian bersama.

Tujuan kegiatan penerapan SEACYBERCLASS adalah:
Salah satu peran Mendiknas dalam 24th ICDE Word Conference on Open & Distance Learning, connectivity, Transaction, Transformasi.
Mendorong pengembangan pendidikan jarak jauh, dengan menjelaskan ke tahapan perubahan pendidikan yang akan datang.
Seacyberclass dikembangkan untuk menyatukan atau mengkolaborasikan kelas-kelas di Asia Tenggara sesuai dengan jenjangnya, sehingga terjadi transaksi pertukaran materi pembelajaran dan secara bertahap melakukan transformasi pendidikan secara regional dan terjangkau.
1.Peningkatan prestasi belajar siswa secara khusus dalam menghadapi UAN melalui latihan ujian bersama.
2.Persiapan 50 kali latihan ulangan bersama (LUB) secara terpusat memanfaatkan sistem ulangan semi-online SEACYBERCLASS.
3.Persiapan Latihan Ulangan Bersama (LUB) secara regional dengan tetap memanfaatkan keunggulan sistem CYBERCLASS.

Kegiatan Seacyberclass untuk kota batam provinsi kepulauan riau diisi dengan sosialiasi terlebih dahulu, tim dari seamolec yang melakukan sosialisi diantaranya : sebagai berikut :
1. Ibu Dina Mustafa
2. Bapak Agun Gunawan
3. Bapak Syarif Hidayat
4. Adi Suheryadi
5. Taupik Nurhidayat

Sosialisasi direncanakan selama tiga hari yaitu 10 – 12 Oktober 2011, Keberangkatan tim dimulai dari pukul 3.00 dari seamolec menggunakan taxi menuju terminal B2 Bandara Soekarno – Hatta Cengkareng, Boarding Time pukul 06:15 WIB menggunakan pesawat Lion Air Flight No. JT 0374, Tiba di Bandara Hang Nadim pukul 08:30, pukul 09.00 tim cekin di Hotel Novotel Jl. Duyung Sei Jodoh Batam kemudian istirahat sebentar, kwmudian acara dilanjutkan dengan keberangkatan tim ke Politeknik Batam untuk acara hari 1.

Kegiatan hari 1 di Politeknik Batam sebagai berikut:

Wawancara Mahasiswa Yang Berminat Menlanjutkan Studi di ITB dan mempersiapkan sosialisasi seacyberclass di esok hari. Dalam wawancara ini ada 10 peserta.

kemudian kegiatan hari ke 2 :

Pada hari kedua jam 7.30 kami Tim Seamolec berangkat dari Hotel Novotel menuju Politeknik Negeri Batam, Persiapan dilaksanakan ketika kami tiba di Kampus Politeknik Batam, Kegiatan di laksanakan di lantai 4 ruang 402 dimulai jam 9.00
Dimulai dengan persiapan ruangan, pendaftaran peserta, pengisian kuisioner biodata peserta, absensi, dan acara dimulai dengan pembukaan pada pukul 10.00.
1. Penjelasan dari direktur Politeknik Negeri Batam Dr. Priyono Eko Sanyoto,
2. Penjelasan SEAMOLEC dan programnya oleh Dina Mustafa
3. Penjelasan Seacyberclass oleh Adi Suheryadi
4. Ujicoba simulasi Ujian sistem seacyberclass oleh tim SEAMOLEC
5. Penjelasan Seamolec Multi Studio oleh Taupik Nurhidayat
6. Sesi tanya jawab

kemudian hari ke 3:

berisikan penjelasan tentang pembuatan email dan blog. namun karena waktu dan koneksi yang kurang memadai tidak semua sekolah dapat menyelesaikan pembuatan blognya.
blog induk yang kami buat : http://seacyberclasskepribatam11.wordpress.com/
kemudian kami juga membuat milis yaitu http://groups.google.com/group/seacyberclassbatam?hl=en&pli=1

 sumber: http://adisuheryadi.blogspot.com/

ini post untuk lanjutan dari cyberclass

 Pengertian Kelas Maya (Virtual Class)
Kelas Maya, atau Kelas Virtual (virtual class) adalah sebuah lingkungan belajar berbasis Web yang:
·         memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya jejaring pembelajaran sosial (social learning network), untuk pemelajaran dan manajemen kelas, dan
·         memuat konten-konten digital yang dapat diakses dan dipertukarkan di mana saja, dari mana saja, dan kapan saja.
Dalam Kelas Maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa, maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, sistem tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.

1.       Aktivitas Sistem Kelas Maya

Kegiatan  belajar  yang  dilaksanakan  oleh  siswa  secara  umum  dapat  digambarkan sebagai berikut.
a.      Siswa  mengikuti  Kelas  Maya  untuk  mata  pelajaran  tertentu  dengan  jadwal tertentu.
b.      Interaksi antara siswa dan guru dilakukan di tempat terpisah dengan syarat waktu kelas tetap disepakati bersama oleh siswa dan guru.
c.       Di bawah bimbingan guru, siswa mengikuti proses pemelajaran melalui Kelas Maya berbasis Web (web virtual class).

2.       Penerapan Sistem Kelas Maya

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan Kelas Maya:
a.      ketersediaan hardware dan software pendukung yang dibutuhkan,
b.      tersedianya infrastruktur jaringan pendukung yang memadai, dan
c.       kebijakan yang mendukung pelaksanaan Kelas Maya.

3.       Hasil Pelaksanaan Kelas Maya

Agar    mendapatkan     hasil    yang    maksimal,    pelaksanaan    Kelas    Maya    perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.


a.      Kelas Maya harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu perlu diciptakan suasana belajar di kelas yang lebih interaktif dan dinamis. Hal tersebut antara lain dapat diwujudkan dengan:
·         merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik,
·         menyusun bahan belajar yang baik, dan
·         memfasilitasi terjadinya komunikasi timbal balik antara siswa dan guru.
b.      Kelas Maya harus dapat menyediakan berbagai fasilitas kelas yang terintegrasi (rencana pembelajaran, bahan ajar, tugas-tugas, dan penilaian hasil belajar) serta dapat mengukur pencapaian kompetensi siswa.
c.       Kelas Maya juga perlu dirancang supaya siswa dapat berbagi (share) hasil karya dan bertukar pengalaman dalam menerapkan pengetahuan yang telah diperolehnya. Misalnya konferensi jarak jauh menggunakan desktop (desktop video conference) dapat digunakan untuk ceramah atau penyajian. Dapat juga dilakukan simulasi secara daring (online) mengenai penerapan pengetahuan tentang prosedur melakukan sesuatu yang baru dipelajari. Simulasi seperti  ini harus dirancang untuk dapat memperoleh umpan balik, sehingga dapat diketahui apakah penerapan pengetahuan yang disimulasikan tersebut benar atau salah.

d.      Kelas Maya harus dapat meningkatkan motivasi sekolah para siswa.



sumber: http://fensclubindonesia.blogspot.com/2014/01/pengertian-kelas-maya-virtual-class.html 






Tidak ada komentar: